Selasa, 09 April 2013

Kaki seekor anak gajah diikat pada pasak yang ditanam dalam tanah. Akibatnya, anak gajah tidak bias bergerak bebas. Ia berusaha memutuskan tali tambangnya. Namun tambang yang digunakan terlalu kuat baginya dan tidak mungkin ia putuskan. Akhirnya, anak gajah ini menyadari bahwa ia tidak mampu memutuskan tali itu. Ia juga menyadari bahwa dirinya harus terus berada di tempat itu. Dan, hanya dapat pergi sejauh panjangnya tali tambang yang mengikatnya.

Anak gajah itu kian lama semakin besar. Beratnya pun mencapai 5 ton. Sehingga-sebenarnya-dalam kondisi seperti ini, ia mampu memutuskan tali yang menjeratnya sejak kecil. Namun, ia tidak berusaha untuk memutuskannya karena sepengetahuannya, ia tidak mampu memutuskannya waktu kecil. Dengan cara inilah, manusia dapat mengikat gajah terbesar di dunia sekalipun dengan mudah.

Mungkin ini dapat menjadi pelajaran bagi kita. Semoga kita tidak terbelenggu dalam lingkaran keputusasaandan frustasi. Pasalnya, sesuatu yang selemah tambang kecil pun mampu mengikat gajah yang besar.

Tali yang membelenggu itu hanyalah sebentuk keyakinan dan gambaran yang tertanam dalam diri sejak kecil. Jika cerita tadi menggambarkan kondisi kita, sebenarnya kita bias memutuskan belenggu keputusasaan dan frustasi itu.

Bagaimana… ?

Berikut ini tiga poin yang dapat kita tempuh.

  1. Kita dapat mengambil pelajaran dari kisah orang-orang yang berpikiran positif, sehingga kita tahu kemampuan yang kita miliki untuk mewujudkan keinginan kita. Kita juga tahu apa yang harus dilakukan untuk mencapai keinginan kita tersebut. Kita juga tahu cita-cita yang ingin kita raih.
  2. Kita juga dapat membuat gambaran-gambaran positif dalam diri kita. Sehingga gambaran-gambaran ini mempengaruhi kemampuan dan aktivitas kita.
  3. Secara sederhana kita dapat merubah tingkah laku kita.

Dengan tiga cara ini, kita dapat melepaskan diri dari ikatan using. Oleh karena itu, berusahalah memutuskan ikatan-ikatan itu sehingga kita tidak bodoh seperti gajah.

(MD/2013)

Tagged:

JENDELA ILMU ISLAM © 2013 | Powered by Blogger | Blogger Template by DesignCart.org